7 Hal yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur

Tidur malam yang nyenyak penting untuk suasana hati Anda, tingkat energi Anda, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kualitas tidur juga tergantung pada aktivitas fisik Anda sehari-hari, apa yang Anda makan dan minum, dan stimulasi mental yang merangsang Anda, terutama di jam sebelum Anda beranjak ke tempat tidur. Ketika orang menderita insomnia atau masalah tidur lainnya, sering kali akibat kebiasaan buruk yang mereka lakukan menjelang tidur.

Berikut adalah 7 hal yang sebaiknya Anda hindari di malam hari, terutama jika Anda menginginkan kualitas tidur yang baik.

1. Menggunakan Gadget atau Smartphone
Beberapa studi telah menyarankan bahwa menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, komputer atau bahkan menonton televisi sebelum tidur dapat mengganggu tidur. Teknologi light-emitting sebaiknya dihindari setidaknya satu jam sebelum tidur.7 Hal yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur
Lampu biru yang dilepaskan oleh komputer, smartphone, tablet, dan TV mencegah produksi melatonin yang membantu tubuh menjadi mengantuk. Jika Anda tidak ingin jauh dari gadget di tempat tidur, ikuti saran dari sebuah studi 2013 Mayo Clinic berikut: Jauhkan perangkat setidaknya 14 inci dari wajah Anda dan mengecilkan kecerahan layarnya untuk mengurangi risiko Anda dari masalah tidur yang berhubungan dengan cahaya.

2. Minum Obat Tertentu atau Suplemen
Jika Anda mengkonsumsi obat atau suplemen setiap hari dan Anda mempunyai masalah dengan tidur Anda, konsultasikan kepada dokter tentang efek samping obat tersebut. Beberapa jenis obat atau suplemen justru akan membuat Anda terjaga beberapa jam setelah diminum. Sebagai contoh, antidepresan dapat memiliki efek yang kuat pada tidur Anda, dan beberapa obat nyeri dapat mengganggu perut Anda dan membuat tidur menjadi lebih sulit. Obat tidur tidak disarankan karena hanya akan bereaksi pada jangka pendek. Ketergantungan pada obat tidur juga malah akan mengganggu ginjal Anda. Solusi jangka panjang tanpa obat akan lebih baik untuk kesehatan Anda.

3. Minum Kopi
Kopi mengandung 80-120 miligram kafein per cangkir, dan Anda harus menghindarinya tepat sebelum tidur. Namun beberapa orang masih suka minum kopi saat malam hari atau saat pergi di sore hari. Faktanya adalah, kafein dapat tinggal di tubuh hingga 12 jam. Bahkan minum kopi saat makan siang, juga terlalu dekat waktunya dengan jam tidur bagi beberapa orang. Jika Anda ingin mengkonsumsi kopi, sebaiknya saat setelah sarapan atau sekitar jam 9 pagi agar pengaruh kafein sudah hilang saat jam tidur malam Anda.
Beberapa varian teh seperti teh hijau atau teh hitam juga mengandung kafein yang dapat mengganggu tidur Anda. Namun Anda masih dapat minum teh saat malam hari. Celupkan teh celup Anda dengan cepat ke dalam secangkir air panas, kemudian buang airnya dan buat secangkir teh kedua menggunakan kantung teh celup yang sama. Kebanyakan kafein teh terlepas saat celupan pertama sehingga ini akan mengurangi pengaruh kafein pada tidur Anda.

4. Makan Cokelat
Sumber kafein lainnya adalah cokelat, terutama cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi. Sepotong cokelat minimal terdapat 10 miligram kafein di dalamnya. Coklat juga mengandung stimulant theobromine, yang telah terbukti dapat meningkatkan denyut jantung yang mengakibatkan sulit tidur.

5. Makan Makanan Pedas dan Berlemak
Jam makan malam yang terlalu dekat dengan jam tidur akan membuat tidur Anda tidak nyenyak akibat kembung atau begah. Makanan pedas dan berlemak memicu gejala tersebut terkait refluks asam lambung. Sebaiknya Anda makan malam minimal 2 jam sebelum tidur agar tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk mencernanya.Makan Makanan Pedas dan Berlemak

6. Terlalu Banyak Minum
Minum banyak air memang menyehatkan, namun sebaiknya tidak dilakukan menjelang tidur. Hal ini akan membuat Anda terjaga saat malam hari akibat harus buang air kecil. Sebaiknya Anda banyak minum air putih saat siang hari dan pastikan selalu buang air kecil sebelum tidur agar tidur Anda tidak terganggu.

7. Mengubah Rutinitas Sebelum Tidur
Melakukan hal yang sama setiap malam sebelum tidur adalah salah satu prinsip kebiasaan tidur yang baik. Menyikat gigi, mencuci wajah, dan menyiapkan pakaian Anda untuk pagi hari, misalnya, semua dapat mengirim sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur terutama jika Anda melakukannya dalam urutan yang sama, pada waktu yang sama setiap malam. Namun jika rutinitas tersebut selalu berubah-ubah, biasanya akan mengganggu proses mental Anda saat akan tidur. Usahakan melakukan rutinitas yang sama menjelang tidur agar dapat merangsang otak Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *