Manfaat Tahi Lalat dan 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Tahi Lalat

Manfaat Tahi Lalat dan 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Tahi Lalat

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tahi lalat, bukan? Ya, bintik hitam bulat yang melekat pada kulit kita, yang banyak orang mengira bahwa tahi lalat merupakan kotoran lalat yang mengenai kulit kita ketika bayi. Padahal sebenarnya, tahi lalat merupakan kumpulan beberapa melanosit pada satu tempat di kulit dan membentuk sebuah titik.

Melanosit adalah adalah zat melanin yang dihasilkan oleh tubuh. Pada tubuh manusia terdapat zat warna yang menentukan warna kulit, yaitu karoten dan melanin. Karoten berfungsi memberi warna kekuning-kuningan pada tubuh sementara melanin berfungsi memberi warna coklat kehitaman. Meski umumnya melanosit tersebar merata di kulit, tapi ada beberapa melanosit yang tumbuh terkumpul pada satu tempat sehingga menimbulkan warna hitam pada tempat berkumpulnya tersebut, yang kemudian kita mengenalnya sebagai “tahi lalat”.

Seorang peneliti yang berasal dari Inggris telah menemukan fakta bahwa seseorang yang memiliki banyak tahi lalat ternyata dilindungi secara genetik dari banyak kerusakan akibat waktu, dan cenderung akan memperlambat proses penuaan. Selain bermanfaat menunda keriput, mereka yang memiliki banyak tahi lalat juga mendapat keuntungan terhindar dari resiko osteoroporosis. King’s College London mengambil sampel 1200 kembar perempuan kembar berusia 18-79 tahun. Mereka yang memiliki tahi lalat lebih dari 100 di tubuhnya, ternyata memiliki tulang yang kuat, sehingga kecenderungan mengidap osteoporosis menurun 50% dari mereka yang bertahi lalat kurang dari 25.

Akan tetapi, ada beberapa dari sekian banyak orang yang memiliki tahi lalat merasa terganggu dengan adanya tahi lalat di tubuhnya. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa tahi lalat membuatnya menjadi tidak menarik dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, ada juga nih, tips untuk menghilangkan tahi lalat secara alami.

Lidah BuayaLidah Buaya
Lidah buaya selama ini dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat baik dengan cara dikonsumsi atau sebagai obat luar misalnya sebagai menyubur rambut agar lebat dan hitam. Dan ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk membasmi tahi lalat pada tempat yang tidak di inginkan. Caranya, ambil gel atau gumpalan kental pada lidah buaya lalu oleskan pada tahi lalat yang ingin anda hilangkan, kemudian biarkan 2-3 jam sampai terasa menyerap, lakukan secara rutin sampai tahi lalat memudar kemudian menghilang.
Jeruk Nipis dan Delima

Jeruk NipisJeruk Nipis
Jeruk nipis juga dikenal sebagai bahan yang dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya, ambil jeruk nipis lalu dibelah menjadi dua, kemudian ambil buah delima muda yang sudah dihaluskan, peras jeruk nipis, kemudian campurkan dengan buah delima yang sudah dihaluskan tersebut, lalu aplikasikan pada tahi lalat. Lakukan secara teratur.
Bawang Putih

Bawang PutihBawang Putih
Kandungan sulfur pada bawang putih bermanfaat untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya, haluskan satu siung bawang putih sampai menjadi pasta (lembut) kemudian oleskan pada bagian tahi lalat yang ingin anda hilangkan. Agar tidak berceceran, anda bisa menggunakan perban untuk mempertahankan posisi bawang putih. Atau bisa juga dengan cara mengiris bawang putih tipis-tipis, kemudian tempelkan pada tahi lalat yang ingin anda hilangkan.
Cuka Apel

Cuka ApelCuka Apel
Cuka apel dipercaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan tahi lalat yang tidak diinginkan. Caranya, tuangkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam mangkuk kecil, kemudian ambil kapas dan celupkan ke dalam cuka, lalu kompreskan kapas tersebut ke tahi lalat yang ingin dihilangkan, diamkan 20-30 menit, kemudian bersihkan.
Castor Oil dan Baking Soda

Castor OilCastor Oil
Castrol oil atau minyak jarak juga bisa digunakan untuk menghilanglan tahi lalat. Caranya, ambil satu sendok teh minyak jarak, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh baking soda, lalu oleskan pada tahi lalat biarkan hingga terasa menyerap, kemudian bersihkan.

Beberapa cara tersebut jika digunakan secara teratur maka tahi lalat yang terasa mengganggu, sedikit demi sedikit akan mulai menghilangkan. Namun sebaiknya berhati-hati dalam memilih cara pengobatan yang dilakukan sendiri misalnya yang dapat membuat timbulnya iritasi pada kulit atau jika anda tidak yakin dengan jenis ramuan yang banyak direkomendasikan, sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *