Tips Mengatur Tata Letak Kamar Tidur Yang Baik

Tips Mengatur Tata Letak Kamar Tidur Yang Baik

Tips cara menata kamar tidur yang baik untuk kenyamanan tidur. Kami berbagi tips yang kami dapatkan dari berbagai sumber di internet dengan cara yang sederhana.

  1. Mengatur tata letak kamar tidur. Posisi tempat tidur yang tidak disarankan adalah tepat di depan pintu masuk kamar. Karena Aliran udara langsung melaju ke arah tubuh bisa menimbulkan penyakit . Tidur dengan arah itu juga memungkinkan roh jahat mengembara masuk ke dalam kamar sehingga kemungkinan Anda akan mengalami mimpi buruk.
  2. Posisi tempat tidur terlalu nempel pada dinding kamar tidur juga tidak dianjurkan. Selain menyulitkan ketika mengganti seprai , warna dinding bisa terlihat buram karena bagian bawah tertutup tempat tidur . Tak hanya itu, dinding yang berbatasan langsung ke kamar mandi basah akan berbahaya untuk kesehatan .
  3. Posisi terbaik tata letak tempat tidur berada di tengah-tengah ruangan. Headboard menempel ke dinding , dan dilengkapi dengan meja samping tempat tidur di kedua sisi . Jjika ukuran ruangan itu memadai , yang penting sisakan sekitar 40-60 cm jarak dari dinding di samping tempat tidur .
  4. Bila tidur dengan kaki menghadap ke pintu, umumnya dikenal sebagai “posisi peti mayat” Posisi itu sama dengan posisi ketika orang meninggal disemayamkan di dalam rumahnya sebelum pemakaman.
  5. Jangan tidur dengan membelakangi atau terlalu dekat dengan pintu kamar tidur Karna akan menimbulkan kegelisahan karena pintu seringkali digunakan.
  6. Tabu lainnya adalah tidur menghadap toilet. Karena toilet adalah tempat kotoran itu dibuang. Tidur dengan menghadap ke toilet akan mendatangkan kemalangan karena getaran yang buruk dari arah itu akan mendatangkan penyakit.
  7. Jangan pernah memasang lampu terang benderang di atas kepala yang langsung menyorot Anda. Cahaya langsung menyilaukan akan merusakkan mata Anda. Dalam akupunktur, sumber energi berasal dari hati dan kantung empedu. Kedua organ tubuh itu akan terpengaruh jika mata Anda terkena.
  8. Efek tempat tidur dari logam. Tempat tidur dari logam sangat merusak karena memungkinkan yin-chi dari tanah merayap ke dalam tubuh seseorang. Anda pun akan menderita penyakit yang kronis.
  9. Jangan letakkan cermin menghadap ke kaki tempat tidur Anda. Itu karena Anda mungkin akan ketakutan ketika bangun dan melihat bayangan sendiri di dalam cermin. Hal itu dapat mengakibatkan syok, gugup, atau bahkan serangan jantung.
  10. Ketinggian tempat tidur haruslah tidak lebih dari tiga kaki.
  11. Menyimpan buku-buku atau bentuk karya sastra di bawah tempat tidur termasuk tindakan yang buruk. Tidur di atas bahan-bahan seperti itu dianggap tidak menghormati ilmu pengetahuan. Tidur dengan posisi itu tidak akan bermanfaat bagi yang mencari pengetahuan akademis dalam bentuk apapun
  12. Bila ada pelat beton diatas tempat tidur, hindari. Karena hal itu hanya membuat orang yang tidur dibawahnya merasa tertekan. Solusinya adalah meletakkan tempat tidur pada posisi lain di dalam kamar sehingga jauh dari pelat beton tersebut.
  13. Bila tempat tidur Anda menggunakan penyekat kayu, periksalah apakah penyekat itu mudah goyah atau sudah terpasang dengan kokoh. Jika goyah, tembok imitasi itu jelas tidak ideal. Akan tetapi, jika kokoh, seseorang jelas akan mendapatkan jaminan untuk memperoleh penyangga yang baik.
  14. Jangan biarkan ada celah di antara tempat tidur Anda dan tembok karena hal itu menunjukkan tidak adanya penyangga di belakang. Dengan demikian, yang paling baik adalah mendorong bagian kepala tempat tidur sampai menyentuh tembok untuk memberikan penyangga yang kokoh.
  15. Berada di sebelah jendela. Bukan hanya angin yang masuk melalui jendela, tetapi juga debu. Sangat bahaya bagi Anda yang berpenyakit asma. Sirkulasi udara memang penting. Adanya jendela memudahkan Anda dalam mengoper udara yang kotor keluar.
  16. Berada di bawah AC. Ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Udara AC memang sejuk, tapi bila terpapar langsung semalaman jelas bisa bikin masuk angin. Apalagi kalau anginnya mengarah langsung ke kepala, wah bisa sakit kepala seharian tuh. Posisi terbaik tempat tidur memang di bagian tengah ruangan dengan headboard menempel ke dinding, dan dilengkapi dengan meja nakas di kedua sisinya. Namun bila ukuran ruangan tak memadai, yang penting sisakan jarak sekitar 40-60 cm dari dinding di samping tempat tidur.
  17. Memilih kasur yang tidak cocok

Kenyamanan dalam tidur sering kali terganggu akibat pemilihan kasur yang tidak cocok. Beberapa hal dapat menjadi faktor tidak optimalnya kita tidur karena kasur, yaitu: Berat badan, usia dan kebiasaan. Misalnya saja berat bada, ranjang yang terlalu mepuk terkadang membuat orang dengan berat badan yang besar menjadi sering sakit punggung. Karena permukaan yang terlalu tipis. Oleh karena itu harus memilih yang lebih tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *